Jenis Sablon

Dipublikasikan oleh Admin BikinKaosJaket pada

RUBBER
Tinta ini digunakan khusus untuk sablon. Sebab tinta ini bersifat pekat, dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Tinta rubber white yang digunakan untuk underbase/ dasar, bisa juga digunakan untuk mendapatkan warna-warna pastel atau muda.

  2. Rubber color yang digunakan untuk pencampuran warna-warna tua. Untuk mendapatkan warna yang bersih dan cemerlang, campurkan tinta rubber white dengan sedikit pigmen/pewarna.

DIRECT TO GARMENT (DTG)
DTG termasuk teknik baru, dengan melakukan modifikasi printer kertas menjadi printer garmen. yang bahannya tinta kertas menjadi tinta garmen. Selain itubantalannya diubah, yang sebelumnya dengan kertas diganti dengan kaos. Proses sablon dari head printer ke kaos dengan tinta garmen. Rekomendasi :Untuk kaos satuan Dengan Gambar Sesukamu, Tidak rekomend utk jumlah besar.

cutting

 

CUTTING
Tinta ini digunakan khusus untuk sablon. Sebab tinta ini bersifat pekat, dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber sendiri dibagi menjadi dua jenis, Yaitu :

  1. Tinta Rubber White yang digunakan untuk underbase / dasar, bisa juga digunakan untuk mendapatkan warna-warna pastel/muda.
  2. Rubber Color yang digunakan untuk pencampuran warna-warna tua. Untuk mendapatkan warna yang bersih dan cemerlang, campurkan tinta rubber white dengan sedikit pigmen/pewarna.

 

merge1

 

POLY FLEX
Anda yang selama ini bisnisnya berkecimpung dalam produksi jersey bola tentu sudah tahu bahan sablon polyflex. Bahan ini digunakan untuk bikin sablon nomor punggung dan nama pemain Sepak bola Dll. Polyflex itu lembaran berbahan seperti karet menyerupai stiker yang bisa ditransfer menggunakan panas (Mesin Heatpress). Cocok untuk art project, Kaos Distro, On Demand Project, Nama dan nomor kaos olahraga, tas, jaket, topi, dll. POLYFLEX hanya bisa menggunakan warna solid, jadi tidak bisa gradasi /ruster.

 

 

 

kaos

GLOW IN THE DARK
Jika anda menginginkan desain kaos yang unik dan berbeda?.. Dengan teknik sablon glow in the dark anda bisa mendapatkan spesial efek. Sablon ini menghasilkan sebuah design yang tercetak pada kaos terlihat bercahaya di ruangan gelap.

 

 

 

 

beludru

FLOCK / BELUDRU
Flock adalah salah satu teknik sablon yang hasil akhirnya bersifat bludru lembut yang bisa juga disamakan dengan lembutnya bulu hamster, dimana bahan ini terdiri dari bagian atas mengandung flock / beludru dan bagian bawahnya mengandung lem.

 

 

 

sublime

SUBLIME
Sablon TransferPaper adalah teknik menyablon baju dengan menggunakan kertas khusus yang disebut TransferPaper, TransferPaper ada dua jenis Dark dan Light, TransferPaper Dark digunakan pada T-shirt berwarna gelap, sedangkan transferpaper Light hanya dapat digunakan untuk T-shirt berwarna terang. Untuk hasil antara TP Dark dan TP Light memiliki perbedaan dan juga kelebihan dan kelemahannya masing masing.

 

 

 

komputer

BORDIR KOMPUTER
Bordir yaitu menempelkan benang warna warni ke pakaian atau topi atau bahan kain atau kulit lainnya. Dengan tujuan utama menambah kecantikan atau memberi identitas yang tidak mudah rusak. Kalau sablon umumnya jangka waktunya lebih pendek, karena mudah luntur atau rusak. Sedangkan jika Jahit Bordir akan tahan lebih lama. Seiring dengan perkembangan komputer, maka cara bordir pun lebih modern. Bordir Komputer Bisa dalam jumlah massal sekaligus dalam waktu bersamaan, juga tingkat presisinya sangat bagus. Kelebihan lain dari Bordir Komputer adalah Motif Bordir dan Desain Bordir lebih bagus dengan bantuan komputer. Dengan mesin bordir komputer, pekerjaan bordir pun cepat di selesaikan.

 

 

Sablon Rubber
Jenis sablon ini sering dikenal dengan sablon karet, sifatnya menutup serat kain dan timbul serta hasil sablon yang elastis. Sablon ini banyak digunakan khusus untuk sablon diatas kain gelap. Sebab tinta ini bersifat pekat, dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber umumnya digunakan untuk underbase, underbase sendiri difungsingkan sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna-warna.

Sablon Pasta
Jenis sablon non rubber, sifatnya menutup serat kain dan timbul hasil sablon tidak elastis penampilannya hampir menyerupai sablon rubber.

Sablon Pigmen
Bersifat seperti tinta, yang meresap ke serat kain, hanya bisa dipergunakan pada kain berwarna terang / putih. Jenis sablon ini hanya dapat digunakan untuk kain yang berwarna terang dan tidak dapat digunakan dibahan gelap.

Sablon Foam
Cat karet yang akan timbul seperti foam dan lebih timbul dari sablon rubber, sablon ini terdapat pada kedua jenis tinta baik underbase maupun plastisol. Tinta ini memerlukan pemanasan yang akan mengakibatkan tinta ini mengembang dengan efek timbul.

Sablon Separasi
Separasi itu proses sablon dengan pemisahan warna design untuk dijadikan film. Jenisnya ada dua, ada yang spot color atau warna blok biasanya ini untuk desain berbentuk vector, ada juga berbentuk raster atau disebut prosess color.

Sablon Glow in the dark
Cat sablon trasparan dengan campuran bubuk fosfor yang dapat bersinar terang ditempat gelap bisa diaplikasikan dengan sablon rubber, pigment maupun plastisol.

Sablon Glitter
Cat sablon trasparan yang diaplikasikan dengan campuran bubuk metalik / mengkiat. Sablon model ini terlihat lebih exclusive dan mewah

Sablon Plastisol
Cat yang berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot atau raster super kecil dengan hasil maksimal. Sablonan ini berbahan dasar PVC dan harganya cukup mahal serta membutuhkan peralatan khusus untuk pengeringannya. Sebab tinta ini tidak dapat kering dengan sendirinya seperti tinta waterbase pada umumnya. Untuk dapat kering dengan baik, tinta ini memerlukan suhu mencapai 160 derajat celcius serta membutuhkan beberapa peralatan seperti conveyor curing dan flash curing. Setelah pengeringan dengan benar, tinta plastisol ini memiliki daya rekat yang sangat baik.

Sablon High Density
Ini cat sablon timbul tajam yang bahan dasarnya dari plastisol, tinta yang bersifat transparan, tinta ini menghasilkan efek sablon yang mengkilap, terkesan basah dan bisa juga dibuat doff.

Sablon Foil
Sablon dengan menggunakan lapisan bahan kertas logam (seperti alumunium foil) yang ditempelkan diatas kain dengan lem khusus. Jenis sablon yang memberikan kesan mengkilat menjadikan T- Shirt terlihat eksklusif.

Sablon Floaking
Sablonan dengan menggunakan lapisan bahan seperti beludru yang ditempel diatas kain dengan lem khusus. Terdapat dua jenis flock, bubuk dan lembaran. Untuk lembaran membutuhkan lem khusus sebagai media perekatnya. Mengunakan bahan lem transparan lalu menggunakan mesin press supaya menjadi seperti beludru.

Sablon Discharge
Cat dengan kemampuan mengubah warna dasar bahan, bahan kimia yang digunakan untuk mencabut warna dasar kain, sehingga warna bahan menjadi putih/grey. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

Sablon Super white
Cat sablon yang menyerap kedalam serat kain, sablonan ini hampir sama jenisnya dengan tinta rubber, terdiri dari dua jenis yaitu white dan color. Tinta ini sifatnya lebih mendekati tinta extender yaitu menyatu dengan bahan dan transparan.

    JENIS JENIS BORDIR

  1. Bordir komputer
    Bordir komputer sangat cocok digunakan jika kita ingin membordir dalam jumlah besar karena kita akan menghemat biaya. Desain dengan bordir komputer pun dapat lebih kompleks dan rumit. Hasil bordir komputer akan rapi dan akurat. Waktu pengerjaan bordir komputer akan relatif cepat. Namun jika ingin membordir sepotong atau dua potong pakaian maka bordir komputer tidak disarankan karena akan memakan biaya yang mahal.

  2. Bordir manual
    Bordir manual bukanlah bordir yang menggunakan tangan saja. Kita tetap menggunakan mesin bordir namun mesin bordir yang digunakan perlu dipoerasikan oleh manusia tidak seperti mesin bordir komputer yang sepenuhnya otomatis dalam membuat pola bordir.
    Bordir manual sangat cocok digunakan bagi anda yang ingin membordir dalam jumlah kecil seperti ingin menuliskan nama anak anda pada tasnya karena akan mendapat harga yang lebih murah. Namun karena tidak menggunakan mesin desain yang dapat dibuat pun terbatas pada skill dari penjahit. Keakuratan dari desain yang diinginkan dengan hasil bordir pun tidak akan seakurat bordir komputer. Waktu pengerjaan relatif lebih lama.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akarsa Marketing Executive

Halo ! Silahkan pilih Marketing kami sesuai kebutuhan anda

Admin 1

Admin 1

Hargyo

online

Admin 3

Admin 3

Aditya

online

Admin 2

Admin 2

Zulfahmi

online